Hinata Umi's Work

V-days.. Pink February..


Bulan februari sudah di tahun 2013 ini. Februari... sepertinya banyak hal yang akan berubah jadi berbunga-bunga nih di bulan ini. Enggak mungkin ada yang lupa kan??
YAP!! Bulan Februari memang kerap sekali identik dengan warna pink. Alasannya, sederhana sekali karena karena di dalam bulan februari itu terdapat tanggal penting bagi beberapa orang. Apa? Pada enggak tahu? Enggak mungkin! Mana mungkin ada yang tidak tahu hari Valentine?
Seperti yang sudah bisa kalian baca di beribu blog, hari valentine itu adalah hari kasih sayang yang dilaksanakan setahun sekali. Tentang sejarah mengapa sampai ada tanggal ini sendiri, masih terlalu banyak versi dari yang sangat romantis sampai yang sadis. Tapi belum ada kejelasan kisah mana sih yang sebenarnya menjadi penyebab utama dari munulnya tanggal ini.
Perayaan hari kasih sayang ini sebenarnya merupakan perayaan yang khusus untuk umat agama kristiani dan kau romawi kuno. Dari sumber ini uum juga mengetahui bahwa perayaan valentine juga merupakan perayaan dari kaum Pagan yang direkonstruksi ulang dan di ubah namanya menjadi Valentine. Tetapi seperti yang telah uum ungkapkan di atas, masih terlalu banyak versi sejarah munculnya Valentine days dan belum ada kejelasan mengenai sumber yang sebenarnya. Menurut beberapa sumber dan penjelasan dari teman uum, Pada hari valentine, penganut agama kristen biasanya melakukan ibadah bersama atau doa bersama lalu mereka membantu warga. Menurut mereka itu adalah perwujudan kasih sayang yang dapat mereka berikan kepada orang lain.
Agama Budha, menurut artikel ini, menganggap hari valentine merupakan hari kasih sayang yang dilaksanakan setiap hari. Karena menurut ajaran Budha, setiap manusia harus dapat menunjukkan kasih sayang terhadap sesama, baik antar manusia ataupun makhluk hidup.
 Sedangkan Agama Hindu memiliki beberapa pandangan mengenai ini yang bisa di baca disini dan disini. Intinya sih, menurut beberapa penganut agama hindu, perayaan hari valentine sendiri tidak salah karena nilai-nilai yang dikandungnya sesuai dengan ajaran hindu. Namun perayaan ini menjadi salah jika dilaksanakan dengan hura-hura, pemuasan nafsu ragawi dan lain-lain.
Sedangkan Agama Islam, dengan jelas melarang umatnya untuk merayakan Hari Valentine. Walaupun esensi dari hari valentine sendiri tidak bertentangan dengan ajaran islam, namun, perayaan valentine menentang akidah yang di anut oleh penganut agama islam. Agama islam juga menekankan bahwa kasih sayang tidak harus ditunjukkan pada satu hari itu saja, namun setiap hari.
Hampir di semua agama menyetujui dan mengajarkan bahwa kasih sayang tidak harus ditunjukkan pada satu hari saja namun di setiap hari. 
Menurut uum sendiri, menunjukkan kasih sayang kepada sesama tidaklah salah. Yang salah adalah cara yang digunakan untuk menunjukkan kasih sayang tersebut. Memberi cokelat? tidak masalah. Makan bareng di restauran, membantu ibu memasak, memberikan bantuan kepada orang tua, itu semua tidak salah. Terus cara yang mana yang menurut uum salah? Menurut uum, adanya tradisi melakukan seks di hari valentine,  itu yang salah! Memang ada keyakinan yang uum tahu melakukan "seks" sebagai salah satu upacara mereka. Kalau enggak salah sih keyakinan ini memuja dewi kesuburan dan mennggap "seks" sebagai puncak dari kesempurnaan(kok kayaknya bahasanya terlalu vulgar ya?? TT). Tapi... hey... kenapa kita harus ikut-ikutan? 
Kita bisa kan menunjukkan kasih sayang dengan cara lain yang lebih baik. Tidak melulu harus melakukan "itu", lalu kita baru di anggap sayang, cinta dan lain-lain. Kita harus dapat membedakan cinta yang tulus dengan cinta karena hawa nafsu. Dengan begitu kebaikan diri kita terjaga. :D
Semoga kita terhindar dari butanya hati melawan hawa nafsu :D 
Yap itu tadi sedikit pandangan uum mengenai Hari Valentine. Oh iya bagi yang pengen baca-baca sejarah hari valentine nih bisa baca disini :
  1. Versi Wikipedia
  2. Versi Web History
  3. versi The Holidays Spot
  4. verisi Morristown
Dan kalau mau nyari versi yang lain bisa cari sendiri di mbah google dengan kata kunci "History of Valentine's Day" atau " Sejarah hari valentine" bagi yang pengen versi bahasa indonesia. Enjoy :D

Share:

0 komentar

Apa yang kamu pikirkan tentang tulisan di atas? Beri komentar di bawah, ya, teman-teman.