Hinata Umi's Work

Betapa Gampangnya Menjaga Kebersihan...


Hai teman-teman. Tanggal 5 kemaren, tema Project campaign BSO sudah muncul lagi loh. Bahagia banget rasanya. Setelah satu bulan vakum dalam rangka pembenahan organisasi. BSO project campaign's theme come back. 1 bulan vakum udah buat uum rindu banget rasanya pengen nulis lagi dengan tema-tema keren. Tapi ada baiknya juga sih BSO campaign-nya vakum, soalnya member BSO jadi makin deket kemana-mana. wkwkwk.
Okay mari kita stop berbicara mengenai BSO dan mulai dengan tema kita bulan ini. Kalau kalian lihat judulnya mungkin udah pada tahu apa tema BSO campaign project kali ini. Yup, Kebersihan. Sederhana. Sepertinya ini keberuntungan yang uum dapet, karena kemaren uum baru aja membersihkan kamar uum yang cukup (atau sangat) berantakan di rumah. Well, ini bukan kamar kosan, ini kamar di rumah. Kalau di kosan mah, kamarnya uum beresin tiap satu bulan sekali dan formasi antara tempat tidur dan lemarinya berubah-ubah terus. 
Nah, Karena tahap pertama dari menjaga kebersihan itu adalah membuat diri kita bersih terlebih dahulu, jadi sebelum uum ngasih tahu cara menjaga kebersihan, uum akan mencoba memberi tips buat kita semua untuk membersihkan apa yang kita punya. Check this out, guys!!!
  1. Pisahkan Barang yang masih berguna dan yang tidak. Barang yang tidak berguna akan membuat ruangan kita terlihat sangat berantakan. Just do it harsh!! Kadang emang sulit banget membuang barang yang sangat kita sayangi tapi udah enggak berguna lagi. Jadi kalian boleh menyimpannya tapi di gudang. Satukan dengan barang lain yang kalian sayangi pula. contohnya, mainan-mainan kita saat kecil, atau  diary jaman galau. Tempatkan di dalam satu kotak lalu segel dan masukkan dalam gudang! 
  2. Kelompokkan barang yang tersisa sesuai dengan fungsinya. Pengelompokan ini nantinya akan berguna saat kamu akan menggunakan sebuah benda. Ini akan mempermudahmu untuk menemukannya. Contohnya : alat tulis digabung dengan alat tulis, buku tulis dipisah dengan buku bacaan, Novel dengan buku sekolah dipisahkan. Simpel, tapi ini akan benar-benar mempermudah kita untuk menemukan sesuatu.
  3. Bersihkan semua debu. Ini penting. Debu membuat alat-alat dirumah kita terlihat kusam. Sangat kusam. Karena itu bersihkan debunya dengan kemoceng lalu segera sapu lantainya.
  4. Susun di rak berdasarkan ukurannya. Tampilannya akan terlihat lebih rapi. Tapi ini tidak akan berlaku untuk alat tulis seperti pensil dan penggaris. Alat tulis ini tidak memiliki  ukuran yang pasti sama, jadi kalian bisa menyusunnya sesuai dengan kreasi kalian.
  5. Setelah semuanya berada di tempat yang benar, Semprotkan pengharum ruangan.
  6. Jika kalian memiliki tempat sampah, buang isinya bersama dengan kotoran sisa pembersihan tadi.
Sederhana kan? Hanya 6 langkah dan rumah kita kelihatan lebih rapi. Tapi Kerapihan ini tidak akan bertahan lama jika kita tidak menjaganya. Kamu  Yah... uum punya beberapa kebiasaan yang mungkin beberapa orang bilang aneh, tapi baik untuk menjaga kebersihan baik ruangan ataupun lingkungan.
  • Buang sampah pada tempatnya.
  • Jika tidak menemukan tempat sampah simpan dulu sampah itu sampai menemukan tempat sampah terdekat.
  • Kembalikan semua hal yang kau pindahkan ke tempat semula.
  • Jangan simpan barang-barang yang tidak berguna terlalu lama.
  • Ingat tumpukan sampah dapat menimbulkan penyakit, Jadi buang sampah secara rutin.
  • Rajin mandi itu penting!!
  • Bersihkan got di depan rumahmu jika tumpukan sampahnya sudah mulai banyak!
  • Jangan buang sampah di got, Please!!
  • Tutup semua genangan air!
  • Baju kotor jangan di gantung atau dibiarkan bertumpuk di tempat cucian guys!
  • Rajin nyapu.
  • Manfaatkan kembali barang bekasmu!
  • Habiskan semua makananmu!! Makanan yang bersisa nambah sampah.
  • Ajak orang lain melakukan hal yang sama :D
Enggak banyak kan? (Uum sih bacanya banyak banget TT) Lihat, betapa Gampangnya menjaga kebersihan jika kita mau menyisihkan waktu kita kan? Hal sederhana(?) seperti ini bisa membantu tidak hanya diri kita, tapi juga orang lain.
Terakhir, SEMANGAT BEBERSIH!!!

Share:

3 komentar

  1. Mantap banget tips-tipsnya, hal yang sederhana tapi sangat berpengaruh terhadap kesehatan jiwa kita....

    BalasHapus
  2. Syiiiiipp.. anak kost yang baik.. hihhiihi :)
    Mari jaga kebersihan :D
    SEMANGAAAAAAAAAT!!!

    BalasHapus

Apa yang kamu pikirkan tentang tulisan di atas? Beri komentar di bawah, ya, teman-teman.