Hinata Umi's Work

Ngajar?? Aku Tak Sesabar itu~


Haloowwww Blogger dan pembaca semua... udah lama banget ya uum enggak posting.. wkwkwk. iya rasanya kangeeennn banget sama kalian. Maklum ya guys, semenjak semester 5 udah dimulai, uum mulai tertatih nih belajarnya. Makanya uum mau jadi kelinci, biar bisa jalan kenceng. wkwkwk.... #apasih
Oke, back to something that I want to share!! Jadi ceritanya kemarin uum itu ngebantuin oom ngajar di sebuah universitas yang uum enggak bisa sebutin namanya . Topiknya itu Review Java. Uum sih enggak jago banget di masalah ini. Tapi om Andreas bilang "kalo lo enggak nerima, mau sampai kapan lo enggak jago?". yah... kata-kata om Andreas itu yang bikin uum ngerasa tertantang buat nge-asist mereka. :D
Seminggu menjelang hari-H uum belajar lagi tentang materi-materi yang akan uum deliver ke mereka. Mulai dari yang paling sederhana, apa itu tipe data, reference data type, sampai objek. Yang paling kerennya lagi uum buat soal... buat soal... *walaupun akhirnya ga dikerjain semua di kelas karena waktunya ga cukup (kecewa~)* 
Yak.. mulailah uum mengajar. Tepatnya pada tanggal 6 oktober kemaren.
Hari itu uum mulai dengan sangat BEGO! kenapa? uum terlambat ke kelasnya karena Macet dimana-mana. uum enggak memperhitungkan kemungkinan macet, jadilah uum nyampe disana telat. Kesan uum waktu pertama kali masuk ke gedung itu adalah.... kereeeeeennnnnn!! berasa ada di dunia film. #backToFokus
Yak... dari mengajar/meng-asist mereka, uum belajar banyak hal loh. point pentingnya sih "Guru itu emang pahlawan Banget!!!!"Check this out !!
  1. Uum nyampe ke dalam kelas dengan sangat telat!! Kalau uum ada di posisi mereka, saat dosen atau guru telat uum udah males banget mulai belajar lagi. BETE. Seperti itu juga tuh muka mereka. Muka orang ketiban bete berat. Padahal kan mereka ga tahu, betapa macetnya perjalanan tadi... Pelajaran 1 : Uum enggak boleh bete saat dosen datang telat. Karena uum enggak tahu apa yang udah mereka alamin seharian itu demi masuk ke dalam kelas. Uum ngerasa bersalah berat jadinya ngelihat mereka pada bete  dan jadi bingung mau mulai darimana.
  2. Saat uum sudah mulai ngebahas dan mereka sudah mulai serius dan fokus, tiba-tiba ada mahasiswi masuk nyelonong gitu aja ke dalam kelas. Katanya dia telat. *dan ga minta maaf*. Pelajaran 2 : Kalo dateng telat itu minta maaf. Kesel soalnya. Udah salah ga minta maaf.
  3. Kejadian ini, sempet ngebuat konsentrasi mereka pecah. Ketika si mahasiswa yang telat udah dapet duduk, dan mulai mengotak-atik komputer di depannya *kami di lab asist-nya* kami mulai lagi ngebahas apa yang tadi tertunda. Ternyata susah banget loh ngembaliin konsentrasi mereka yang tadi buyar gara-gara tuh mahasiswi. Pelajaran 3 : Jangan terlambat kalau mau masuk kelas. Walaupun enggak keliatan, Keterlambatan itu bikin kesel dosen/guru karena dosen sulit untuk mengembalikan konsentrasi mahasiswa lain.
  4. Di tengah pelajaran, uum baru menyadari ternyata mereka belum review bahkan ga ngerti sama sekali sama apa yang uum jelasin. Uum berasa bingung karena ternyata asistensi-nya berjalan lebih lama dari yang uum perkirakan. Selain itu, uum jadi menjelaskan secara detail apa yang seharusnya cuma bersifat  review. Pelajaran 4 : Cobalah untuk review kuliah kemarin sebelum masuk kelas hari ini. Perkuat konsep yang udah di dapat.  
  5. Di kelas, mereka banyakan yang bengong ga ngerti, Tapi ketika di tanya ngerti apa enggak, semuanya ngejawab "Ngerti kak," dengan sangaaaatttttt kompak *ini nyindir mereka*. Hingga akhirnya uum ingat kata om Andreas, " Kalau mereka bilang ngerti, coba suruh mereka menjelaskan apa yang mereka ngerti." dan itulah yang uum lakukan, menunjuk salah satu mahasiswa dan memintanya menjelaskan, and then...... they never really mean it when they said " ngerti kak!!" dan gue ngerasa Bete plus kesel!!! Akhirnya uum harus ngejelasi ulang. Saat itu uum inget, uum juga melakukan hal yang sama saat uum ga ngerti ke dosen atau guru. Ternyataa... Pelajaran 5 : Kalau enggak ngerti bilang enggak ngerti, jujur aja!! Kasian dosennya, pasti kesel banget deh.
  6. Ada saat dimana mereka ternyata enggak ngerti sama yang uum jelasin, mau minta ulang enggak berani, terus pas uum tanya semuanya diem. Rasanya~... bagai aaaaa~~~ uum jadi inget lagi, saat ditanya dosen atau guru ngerti apa enggak uum diem, temen2 uum diem. Sekarang uum jadi tahu rasanya jadi dosen yang mendapat jawaban itu. Pelajaran 6 : Usahakan untuk memberitahu dosen kamu itu ngerti atau enggak secara jujur. Kalau enggak ngerti, kasih tahu dimana bagian yang enggak ngerti.
  7. Pas lagi ngajar, wajah tuh para mahasiswa, ada yang seolah bilang " kak, bisa privat ga?" atau " kak kesini dooongg..." atau " Help Me.." atau " DON'T LOOK AT Me.." atau " hidden me please!!" atau yang agak keren " alhamdulillah ngerti." Setiap anak punya kebutuhan dan cara belajar yang beda-beda dan uum enggak bisa menuhin satu-persatu kebutuhan mereka. :( itu sedikit membuat uum frustasi. Uum jadi inget lagi, uum sering juga seperti itu di kelas, Ya ampuuunnnn~ ternyata uum jahat banget ya.. Pelajaran 7 : Kalau kamu emang butuh sesuatu, kasih tahu, dosen atau guru bukan pembaca pikiran yang bisa ngerti kamu butuh apa. dan Pelajaran 8 : Kamu enggak bisa meminta dosen untuk memenuhi kebutuhanmu, kamu harus bisa mandiri dan berusaha dulu!!
  8. Jadi ada sesi ngerjain soal, terus uum kasih waktu untuk mereka ngerjain soal. Sambil nunggu, uum keliling, *manatahu ada yang butuh bantuan* eh... uum malah mergokin ada yang buka FB, Twitter, BB, Mainin Hape dan lain-lain. Wow!! Pelajaran 9 : Jangan buka Hape di kelas!! Bikin dosen merasa enggak dihargai tahu!!
Akhirnya uum sadar sekali bahwa ternyata dosen dan guru itu di anugrahi kesabaran yang luar biasa sekali dalam menghadapi mahasiswanya. Gila!! uum ngajar 1 hari aja rasanya udah mau kapok!! Keren banget kan guru-guru dan dosen-dosen itu!! 
Mereka bisa ngebuat suasana kelas tetap berlangsung nyaman, tanpa meperlihatkan kekesalan mereka. Mereka bisa membuat setiap siswa-nya mandiri. Mereka belajar hanya agar siswa dan mahasiswanya mempercayai mereka. 
Yah.. dosen dan guru emang pantes dapet predikat pahlawan tanpa tanda jasa :D

Semoga setiap guru dianugrahi kesabaran yang besar!!!! amiiinnn.... :D

Postingan ini uum buat dalam rangka nge-share ilmu dan mengikuti lomba ini :D

Tags:

Share:

1 komentar

  1. Hahaha...
    Gw tau ini ngomongin siapah! :D
    Sabar, um...
    Itu baru sehari ngajar, gimana klo ketemu mereka tiap minggu? That's what your uncle does... :D

    Ngomong2 masalah ngajar, emang kebutuhan tiap anak beda2... penanganannya juga beda2...
    kita ngejelasin di depan, belum tentu anaknya ngerti...
    memang eksistensi asisten benar2 dibutuhkan sebagai "tangan kanan" dari sang pendidik yang diharapkan mampu menjadi tidak sekedar pengajar tapi juga mampu bersosialisasi ke mereka dengan cara yang lebih baik... :)

    *curcol sang asisten :p *

    BalasHapus

Apa yang kamu pikirkan tentang tulisan di atas? Beri komentar di bawah, ya, teman-teman.