Hinata Umi's Work

Mati Lampu, Mati listrik... -___-"

Siapa yang mahasiswa dan anak kosan disini?? ngacung!!! Yang ngacung pasti sering banget ngalamin pengalaman ngerjain tugas dan listrik mati! wwkwk..yup bener banget!!

Pernah tuh ya waktu di asrama, uum lagi rame-rame ngerjain tugas SDA (Struktur Data dan Algoritma). Yah... namanya anak Ilmu Komputer pastilah ya, ngerjain tugas pake Laptop. Pas lagi enak-enak ngerjain tugas, laptop-pun mati gara-gara habis baterai. Setelah mempertimbangkan cukup lama akhirnya uum memutuskan untuk mencabut baterai dari laptop dan mencharge laptop tanpa baterai. Karena bakal lama, kasian baterainya entar rusak. Yah.... tahulah konsekuensinya ya... kalau tiba-tiba mati lampu, apa yang terjadi?? Hilanglah itu data yang belum di save. Itulah yang terjadi. -__-. Uum ngerjain tugas udah selesai hampir separuh daaaaannnn... jleb.. mati lampu. lalala~ #lupakan.

Ada kebiasaan aneh di Medan di daerah rumah uum. Jika mendekati bulan ramadhan PLN melakukan pemutusan aliran listrik berkali-kali. Ga tahu kenapa. Padahal di ruma itu, hampir semua benda sangat bergantung banget sama aliran listrik. Bayangin aja akibat mati lampu yang lumayan semena-mena (abis biasanya 4 jam-an baru jalan lagi.) hampir semua peralatan di rumah ga bisa digunain.

Mau mandi, enggak ada air. Rumah uum udah menerapkan sistem dry toilet, jadi enggak ada bak penampungan air di dalam toilet. Kata mama untuk menghindari nyamuk Aedes Agepty (bener ga yah namanya??) berkembang biak di rumah. Tahu kan apa akibatnya kalau enggak ada asupan listrik? yup... enggak ada air di toilet. Otomatis enggak bisa mandi dan buang air. :(

Mau makan. ga nasi. Terpaksa masak di kompor gas yang memakan energi lebih banyak daripada masak di alat penanak nasi listrik. 

Mau minum air panas. Masak air di kompor juga. Mau belajar?? pake lilin atau lampu charge. :(


Itu sih masih mending. Kadang yang paling tidak enak lagi, Kalau pemutusan hubungan listriknya dilakukan saat mau buka puasa pada bulan Ramadhan. lalala~ Yang lagi nunggu buka puasa, terpaksa menerka-nerka, udah buka puasa apa belom. haft..

Kejadian-kejadian di atas mungkin enggak hanya dialamin oleh uum. Mungkin orang lain juga mengalami hal yang sama. Uum berharap, PLN dapat lebih baik lagi pelayanannya. Saat ini, bagi uum pelayanan PLN sudah cukup baik. Tempat pembayaran yang berada di hampir semua tempat. Adanya resolusi untuk mengedarkan listrik sampai ke pelosok. Hanya saja mati lampunya itu loh~ Mengingat di Indonesia, yang bergantung pada listrik yang dialirkan oleh PLN itu cukup banyak. Mungkin untuk uum, tidak terlalu urgent masalahnya. Tapi bagaimana dengan pedagang-pedagang kecil yang usahanya bergantung dengan aliran listrik? Uum tidak dapat membayangkan bagaimana nasib mereka tanpa listrik. Kalau PLN meminta uum untuk mendata harapan uum saat ini untuk PLN, maka uum mengharapkan enggak ada lagi : 
  1. Pemutusan listrik sementara baik itu di bulan biasa ataupun bulan ramadhan.
  2. Penanganan yang lambat terhadap keluhan konsumen.
  3. KKN di tubuh PLN
  4. Penaikan TDL yang tiba-tiba, baik itu untuk perusahaan2 ataupun untuk masyarakat menengah :D

Semoga PLN semakin baik lagi :D

Postingan ini uum dedikasikan untuk lomba ini :




Tags:

Share:

0 komentar

Apa yang kamu pikirkan tentang tulisan di atas? Beri komentar di bawah, ya, teman-teman.