Hinata Umi's Work

Jika Aku menjadi...... (Ketua KPK)

Jdeng jdeng jdeng... Jduash....

Kalau uum bisa main drum, bunyi-bunyian kayak di atas bakal keluar kali ya pas ngebaca judul postingan uum kali ini. Emang sih kayaknya berat, tapi sebenarnya enggak kok, kalian tinggal baca *jtak*.

KPK.. Sebuah lembaga yang berfungsi untuk nangkepin semua koruptor baik papan atas dan (harusnya) papan bawah (?). Paling enggak kepercayaan kita semua tentang lembaga satu ini mungkin seperti ini. Sependapat!! Tapi, seperti yang kita lihat di tipi-tipi, banyak banget kasus korupsi yang tergantung di tengah jalan atau ga selesai alias mandek prosesnya. Uum aja sampai sekarang masih bertanya-tanya, kasus century itu udah selesai belum sih? Kasus Bank BI gimana? trus sekaran udah ada kasus tentang simulasi untuk dapet kartu SIM. Terus uum bingung, kapan selesainya ini masalah korupsi?


Udah banyak yang mulai ngomong sama uum kalau KPK udah mulai enggak jernih dan bersih lagi. Tapi uum masih pengen percaya bahwa banyak orang baik di KPK yang akan ngeberantas korupsi. Setahu uum, udah sedikit banget masyarakat yang percaya sama aparatur pemerintahan. yah... termasuk KPK.

Saat segala hal ini terjadi, web ini nanyain kalau kamu jadi ketua KPK kamu mau ngapain? Apa yang akan kamu lakuin?

Lalu jadilah sekarang uum mikir, setelah telah nge-post 1 minggu uum akhirnya menyimpulkan, bahwa hal-hal ini yang akan uum tambahkan untuk uum lakukan selain tugas utama adalah :

  1. Publikasi. Apa yang mau di publikasikan? Tugas dan wewenanng KPK secara men-detail. Baik di media online maupun media cetak. Tujuannya? Biar semua masyarakat tahu sampai mana ruang lingkup yang boleh dan tidak boleh dikerjakan oleh KPK. Selain itu uum juga akan melakukan penyuluhan di setiap kelurahan tentang adanya KPK, tugas dan wewenangnya secara mendetail, ciri-ciri oknum yang jadi koruptor, dan kegiatan apa saja yang tergolong sebagai korupsi skala kecil, sedang dan besar. Jadi masyarakat merasa dilibatkan dalam proses memberantas korupsi.
  2. Perlindungan. Untuk siapa? untuk setiap tersangka, calon tersangka dan keluarganya. Kenapa? ingat kasus Gayus kemarin? Uum enggak tega banget sama keluarganya. Keluarganya enggak salah tapi di ekspos. Jadi uum akan membuat peraturan untuk melindungi ketiganya. Nama dan bahkan inisial-pun enggak boleh di sebutin di media manapun. Emang sih jatohnya jadi enggak transparan. Tapi perlindungan untuk mereka itu sangat penting. Perlindungan akan diberikan sampai terduga sudah berstatus tersangka.
  3. Pengumuman yang terorganisir. Maksudnya?? Baru akan ada publikasi tentang suatu kasus jika dan hanya jika kasus itu udah selesai di proses. Dalam arti, tersangka sudah jelas dan telah mendapat vonis minimal 30 tahun penjara. Hal ini uum rasa penting untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap KPK.
  4. Layanan Call center 24 jam. Jadi bakal ada call center dari KPK untuk masyarakat. Ketika masyarakat menemukan adanya tindak pidana korupsi, mereka bisa melaporkannya melalui call center.
  5. Cabang, Cabang EveryWhere. Uum akan meminta dana ke presiden untuk membangun gedung kecil untuk KPK di setiap provinsi. Ga perlu gede, yang penting ada, kelihatan dengan jelas dan masyarakat tahu harus mengurus tindak pidana korupsi dimana. Jadi enggak terpusat di Jakarta aja.
  6. SPY. Yup... Mata-mata. Uum enggak tahu sih untuk yang ini, udah ada apa belum. Tapi menurut uum ini penting. Kalau kita mengandalkan dari penyelidikan, hasil audit, dan kiriman yang ada ke rekening, belum tentu yang kita dapatkan itu beneran koruptor. Makanya, kalau uum jadi ketua KPK uum bakalan nyebar mata-mata, dari pemerintahan pusat sampe ke kelurahan dan sekolah-sekolah. tujuan utamanya supaya cepat terdeteksi dan mudah terawasi. *yah... tapi di pastikan juga mata-matanya enggak anggota koruptor.*
  7. Tegas dalam Menindak. Enggak ada toleransi jika udah terbukti koruptor.
  8. Pembersihan nama baik. Ini uum akan lakukan jika dan hanya jika ada anggota uum yang dengan cerobohnya membocorkan nama atau inisial dari orang yang sedang diselidiki.
Nah... itu 6 hal yang akan uum lakukan jika uum punya kesempatan menjadi ketua KPK. Yah... Walaupun jika benar beberapa tahun lagi uum jadi ketua KPK, uum pasti bakalan nambahin lagi rencana uum.

Semoga siapapun yang menjadi ketua KPK nantinya adalah orang yang jujur, tegas dan berani. Kami berharap banyak padamu. 


Note : post ini uum dedikasikan untuk mengikuti lomba ini.

Tags:

Share:

1 komentar

  1. Amiiiiiin, semoga ide untuk pemberantasan korupsinya dapat menjadi masukan buat KPK, sukses buat kontes blognya...blognya cantik sekali....


    salam hangat :)

    BalasHapus

Apa yang kamu pikirkan tentang tulisan di atas? Beri komentar di bawah, ya, teman-teman.