Hinata Umi's Work

Ngajar?? Siapa Takut...

Hai, readers?? How are you today? Hope you really enjoy your day :D <-- bahasa inggrisnya ngaco. Sebelum masuk ke tema uum kali ini, uum pengen ngasih tahu beberapa hal :
  1. Postingan --> nulis lagi atau enggak ya??? Itu postingan tahun 2011, saat itu uum udah galau banget karena pengen ikut lomba. Kenapa muncul lagi di halaman awal?? Karena kemarena uum lagi inspeksi blog, terus mengedit isi blog ini agar lebih rapi. eh ga tahunya nih postingan jadi naik. Mianhae
  2.  Tentang uum vakum, yup... Emang bakal vakum sementara waktu. Kesibukan kuliah membuat waktu uum semakin sedikit. uum hanya enggak mau memberikan postingan asal jadi disini. Kalian berhak dapet tulisan bagus. Tapi bukan berarti uum enggak bakal nulis sama sekali lho!! Frekuensinya aja kok yang akan berkurang.
Sip uum udah ngasih tahu yang perlu di beritahu kepada readers tercinta. Jadi mari kita mulai!!
Udah sejak bulan maret kemarin uum mulai mengajar di sebuah rumah daerah jagakarsa,Jakarta selatan. Kenapa?? Karena uang um? BUKAN. uum mengajar karena uum suka banget sama ngajar. Uum mendapat banyak banget manfaat dari mengajar ke seseorang. *penonton pada excited pengen tahu..* tunggu dulu!!! uum belom selesai cerita loh.
Bakat mengajar ini uum dapet dari mama dan ayah.yup!!! bener banget ayah sama mama uum adalah pengajar. Ayah sudah menjadi kepala sekolah di sebuah SMPN 1 Labuhan Deli, Deli serdang.  Mama menjadi pengajar di SMA Swasta Kartika 1-2 Medan. Saat uum melihat dan mengamati mama dan ayah mengajar, uum mengira mengajar itu mudah. Tinggal kasih tahu yang salah dan ajarin sampe bener. wets... kalau pikiran kamu begitu juga, kamu salah besar!! Mengajar tidak semudah itu teman!!!

Mengajar itu punya tanggung jawab besar!  Paling enggak itulah yang uum rasain saat mengajar adek *panggilan anak yang uum ajarin*. Saat uum mulai mengajar di rumahnya, adek masih sekolah di SMP kelas 3. Kamu tahu apa yang membuat uum merasa sangat terguncang? Rasa takut saat uum akan mengajarnya. Gimana kalau nilainya malah jatoh saat uum ajarin? kalau nilainya jelek gimana? aduuuh kalau dia enggak lulus gimana?? Rasa takut itu makin menjadi-jadi kalau denger dia bilang bakalan ulangan. jantung uum makin deg-deg-ser aja rasanya. Itu enggak enak banget!!

Mengajar itu harus Belajar!! Kebayang enggak sih, saat kamu lagi di ajarin sama guru atau dosen, terus kamu lagi nanya sesuatu, ehh.... pas ditanya jawaban guru atau dosennya, "aduuh saya enggak tahu.." atau "mungkin begini..." atau "wah coba kamu tanya sama yang lain.."dan saat itu juga uum pengen ngebanting kursi dan ngelempar meja ke wajahnya. Kesal kan? nah itu juga yang uum pikirin saat uum mau ngajar ke si adeek. Ketakutan kalau ditanya enggak bisa jawab membuat uum belajar sebelum uum ngajar. Jadi pas adek nanya uum enggak perlu mikir susah atau paling enggak uum bisa ngasih solusi singkat.

Mengajar itu harus Bersabar!! Kemaren pas uum mulai ngajar si adek, adek itu termasuk anak yang sulit banget di ajak komitmen buat belajar. Saat belajar, yang ada di otaknya hanya K-pop ataupun sederetan boyband-girlband lainnya. Maklum anak SMP. Dia lebih tertarik untuk membahas hal-hal tersebut dibanding belajar. Padahal, ujian Nasional tinggal 3 bulan lagi terhitung dari saat uum mulai ngajar dia. Jujur uum pengeeennnnn banget marahin dia waktu itu. Tapi uum ternyata emangb harus melatih kesabaran. Buktinya sekarang adek lulus dengan nilai memuaskan. BUKAN loh bukan karena uum dia bisa begitu, dia bisa begitu karena dia berhasil menumbuhkan semangat belajarnya. Uum hanya mengarahkan.

Mengajar itu Butuh Mood Bagus!! Pernah enggak ngalamin yang namanya kena semprot guru atau dosen hanya karena mood dia sedang tidak baik? PMS misalnya? uum sih enggak pernah. tapi uum yakin ada siswa atau mahasiswa mengalami hal serupa. Makanya saat mengajar kita harus membuat suasana hati kita baik. Jangan sampai karena mood kita yang jelek, orang yang kita ajar jadi ga bisa nerima ilmu kita.

Mengajar itu Peduli!  Seneng enggak sih punya guru atau dosen yang enggak peduli sama sekali dengan apa yang terjadi pada siswa atau mahasiswanya? Saat mengajar, kita juga harus peduli pada orang yang kita ajar, karena itu menumbuhkan respect dan rasa nyaman di dalam diri anak yang di ajar :D

Mengajar itu Memberi BUKAN Menerima!! Point penting nih! saat mengajar gak jarang pengajar mengharapkan sesuatu dari orang yang di ajar. Padahal nih ya, yang namanya ngajar kita harus ikhlas. Harapan-harapan kecil saat kita ngajar membuat kita ntar kecewa saat enggak mendapatkannya.

Mengajar itu Berbicara! Lucu enggak sih kamu di suruh ngajar tapi pas kamu masuk kelas atau udah ketemu sama anak yang akan di ajarin kamu cuma diem? lucu banget!! Maka dari itu, kamu harus ngomong!! harus!!

Mengajar itu Komunikasi dua Arah!! Setelah kamu bisa berbicara yang harus terjadi adalah ada respon dari orang yang kamu ajar, sehingga kamu bisa mendefinisikan dia itu ngerti banget atau pura-pura ngerti. Uum juga pernah ngalamin saat seperti ini. Saat adek enggak merespon apa yang uum ajarin ke dia, uum bingung dia itu sebenarnya ngerti atau pura-pura ngerti. Untuk mengetahuinya akhirnya uum ngasih dia soal. itu solusi dari uum. Jadi setelah dia selesaiin satu soal uum tahu, ternyata dia ga ngerti. wkwkwk jadi uum ulangin lagi deh.

Kalau dari tulisan di atas kok kayaknya kontra banget yak sama judul? mungkin bagi temen-temen yang ngebaca, bukannya seneng ngajar, abis baca ini malah takut ngajar. Yap... Kenyataannya emang beberapa hal di atas emang kompetensi yang paling dasar banget yang harus dimiliki oleh seorang guru. Dengan modal awal ini, insyaAllah teman-teman dapat mengajar dengan baik. Makanya Guru di dunia itu dikit, karena yang punya kesabaran gede dan yang mau memanfaatkan modal awalnya juga dikit.

Oh iya... teman-teman ngajar itu bukan hanya di tempat formal seperti di bimbel atau les private loh!! ngajar itu bisa saat temen-temen belajar bareng. Misalnya lagi ngerjain tugas bareng temen. Itu juga termasuk mengajar, karena defenisi mengajar sendiri tujuannya hanya satu memberikan ilmu atau membagikan ilmu yang kita miliki kepada orang lain. sederhana kan?

Jadi, temen-temen mulailah mengajar. Karena dengan mengajar kau mengabadikan ilmu yang kau dapat!! SEMANGAT!!!!!!


Btw, sekali lagi postingan ini uum dedikasiin untu mengikuti lomba ini



Share:

2 komentar

  1. wah, bagus nih infonya Um..=D
    sebagian sih udah saya praktekkan um, sebagian lagi belum
    tambahan um, menurut saya mengajar = belajar = bermain =D
    hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo yang mengajar=belajar= bermain itu tergantung tipe anaknya bang. kalo anak yang tipe serius ga bakalan mau deh belajar sambil bermain.. wkwkwk

      Hapus

Apa yang kamu pikirkan tentang tulisan di atas? Beri komentar di bawah, ya, teman-teman.