Hinata Umi's Work

Berbagilah....

6 tahun lalu, saat aku di SMP...
um, apa enaknya sih jadi pinter kayak dirimu? Enggak tahu... What is it better to be a clever person? All you get is nothing but your loneliness feeling. You have a friend that just want to getting their benefit from you. 
Saat dia bertanya seperti itu,  yang ada di kepalaku, iya... aku memang pintar. Aku punya banyak "teman". Banyak................ sekali, sampai-sampai aku bingung membedakan yang mana teman dan yang bukan. Orang yang menyampaikan hal itupun bukanlah "teman" bagiku. ya... aku mengakuinya. Saat itu, aku memang kesepian. Hampir semua orang yang ku tahu dan mengatakan aku temannya adalah palsu. Bukan... bukan aku yang menjadi teman mereka, tapi otakku. Kepintaranku. Itulah yang mereka ajak berteman.
But, as time goes by, I reallize something. Jika aku pintar saat itu, aku tidak mungkin membiarkan mereka memanfaatkanku. Jika aku memang pintar saat itu, bukannya menjadi orang yang sok baik dan memberikan jawaban, contekan dan lain-lain, aku akan lebih baik mengajari mereka bagaimana cara mendapatkannya. Aku akan lebih baik untuk membagi sesuatu yang mereka bilang kepintaran itu.
Uum sadar. saat itu, dia yang berkata seperti itu ke uum, tidak sadar, kalau uum TIDAK pintar. Uum adalah orang yang egois. Ingin menyimpan segalanya sendiri. Itu adalah pertanda uum bukanlah orang yang pintar. karena itu juga jadi enggak ada yang mau berteman sama uum. Tapi uum tahu, kalau jadi orang yang mengerti tentang sesuatu hal itu menyenangkan, karena uum bisa berbagi, walaupun saat itu, yang uum bagi hanya, contekan, jawaban dan lain-lain.
Sekarang, uum sudah belajar, uum akan berbagi sehingga ada yang mau berbagi kembali. Uum akan tersenyum sehingga ada yang mau tersenyum kembali. Uum akan buat sejarah uum sendiri, jadi akan ada yang uum ceritakan kepada orang lain nanti.
Uum berani bilang, ke kamu yang pernah bilang ke uum hal kayak di atas, sekarang ini jawaban uum yang sempat tertunda 6 tahun:
Jadi pinter itu menyenangkan, karena kamu bisa membagi yang kamu punya dengan orang lain. Kamu juga bakal di bagi apa yang mereka punya. Walaupun yang di bagi mungkin tidak sama dengan apa yang kamu bagi. Tapi itu titik menyenangkannya. karena kamu akan mempelajari hal baru. Dan uum tidak pernah merasa kesepian. Karena uum masih punya banyak orang yang tahu kalau uum akan membagi apapun yang uum punya. Karena selama masih ada yang bisa uum bagi dan masih ada yang membutuhkan apa yang akan uum bagi, uum tidak akan pernah merasa kesepian.
Kesimpulannya teman-teman, berbagilah, sekecil apapun itu, berbagilah... karena dengan hanya memiliki tidak cukup. Kita harus memeliharanya. Dan salah satu caranya ialah berbagi. Walau kadang yang kembali ke kita bukan yang kita inginkan.

Share:

0 komentar

Apa yang kamu pikirkan tentang tulisan di atas? Beri komentar di bawah, ya, teman-teman.