Hinata Umi's Work

Hobby Baru ^^ : sudoku ..... :)

Hai teman-teman ketemu lagi... :)
Hari ini, aku pengen mengatakan hal lain yang menurutku penting untuk ku sampaikan. Aku punya hobby baru lho!! hahahaha

Ada yang mau tahu???

Uum sekarang suka banget main Sudoku. yup!! Permainan yang seperti teka-teki silang itu. Permainan ini memiliki berbagai level, dari level rendah sampai tinggi. Ukurannya juga bermacam-macam, ada yang berukuran 4x4, 6x6, dan lain-lain. Nah! Uum mainin yang ukuran 9x9 dengan level beginner. *masih takut kalo mau mainin level atas. Yang ini aja belum selesai.

Awalnya uum main sudoku karena asyik banget. Hanya butuh ketelitian, dan swing... semuanya terisi. Tapi, lama-lama sudoku ngebuat uum jadi suka banget. Kenapa?


Karena uum suka tantangan yang aplikasinya mirip dengan penyelesaian masalah di kehidupan nyata. Dengan informasi yang sedikit uum harus bisa memenuhi kotak-kotak kosong tanpa membuat informasi itu terccopy di tempat lain. Di kehidupan nyata *percaya ga percaya* kita ternyata sering memakai prinsip sudoku. 

Contoh ketika kita akan melakukan rapat atau penyusunan jadwal kuliah. Kita pasti akan membuat tabel kecil untuk menjaga agar antara jadwal rapat atau kuliah yang satu dengan yang lainnya tidak bentrok. Iya kan? Tabel yang kita buat itu merupakan sudoku sederhana yang penciptanya adalah kita sendiri.

Nah ternyata, di kehidupan sehari-hari,  secara tidak sadar kita juga memainkan "game sudoku" untuk menyelesaikan masalah. Kita berusaha dengan keras agar masalah kita selesai. Caranya? Dengan perlahan-lahan mengumpulkan informasi dari fakta yang ada. Dengan berpegang pada sebagian kecil fakta tersebut, kemudian informasi yang kita punya bertambah sedikit demi sedikit saat kita berusaha keras untuk mencari solusinya. Mirip sudoku bukan?

so?? ada yang mau bermain sudoku? Kalo mau dan tidak memiliki soalnya silahkan kunjungi situsnya di: Sudoku

Share:

0 komentar

Apa yang kamu pikirkan tentang tulisan di atas? Beri komentar di bawah, ya, teman-teman.