Hinata Umi's Work

Passion dan Konsistensi

Hai teman-teman Blogger, apa kabar kalian semua? Semoga sehat-sehat saja. Kembali, hari ini kita akan membahas sesuatu yang sedikit serius. Enggak serius banget juga sih. Ini juga Uum temukan dari pelajaran Uum selama beberapa hari belakangan ini. 

Kalian tahu? Ternyata hal terbaik yang membuat seseorang mampu bekerja maksimal adalah kemauannya dan minatnya pada suatu hal. Bisa kita lihat bukan betapa banyaknya orang yang membawa materi motivasi mengenai bagaimana menemukan minat atau yang sering disebut dengan passion. Passion ini membantu seseorang untuk tetap konsisten mengerjakan sesuatu.

Kok sepertinya passion ini penting banget ya? Banget. Penting banget. Ketika kamu kekurangan minat terhadap sesuatu, maka kinerjamu akan menurun. Sebaik apapun kamu berusaha, kinerjamu pasti akan menurun perlahan tapi pasti. Jika itu berlangsung terus menerus, bukan sangat tidak mungin kamu akan mengerjakan sesuatu yang akan membuatmu stress nantinya.

Dengan passion, kamu akan mampu mengerjakan sesuatu dengan semangat. Kalau kata para HRD "Passion membuat kita bekerja dengan kondisi well-motivated." Kalian tahu definisi dari well-motivated? Frasa ini memiliki makna 'termotivasi-dengan-baik', yang berarti orang dengan kondisi well-motivated mampu bekerja dalam kondisi terburuk. Kenapa bisa begitu? Gampangnya sih dia ga mudah nyerah sama keadaan. Ga mudah bosan dengan suatu pekerjaan. Dia juga mampu membuat keadaan di sekelilingnya termotivasi.

Di dalam sebuah perusahaan, orang dengan kondisi well-motivated, sangat dibutuhkan. Sedangkan orang yang tidak termotivasi dengan baik, akan sangat merugikan perusahaan. Hal ini disebabkan karena orang dengan kondisi well-motivated mampu memotivasi orang-orang di sekelilingnya. Sedangkan orang-orang dengan bad-motivated akan mampu menyebarkan virus stres dan depresi ke lingkungannya. Singkatnya, orang dengan bad-motivated akan menjadi virus yang menyerang dari dalam perusahaan.

Lalu, gimana sih sebenarnya cara untuk menemukan passion kita sendiri? Gampang-gampang sulit sih sebenarnya. Kalau Uum sendiri melakukannya dengan beberapa langkah. Mungkin kalian bisa mencoba beberapa langkah ini:

  1. Kenali dirimu. Tanpa mengenali dirimu, kamu akan sulit untuk menemukan apa yang kau mau. Ada banyak sekali cara untuk mengenali diri sendiri. Kalian bisa googling untuk hal satu itu. Sulit? Iyap. Ingat, langkah pertama yang selalu paling sulit!
  2. Kenali tujuan hidupmu! Ini penting. Orang besar menamainya sebagai visi. Visi ini penting untuk menentukan langkah-langkah yang nantinya akan kau ambil untuk menciptakan masa depan yang kau impikan. Tanpa visi, kau akan mudah tersesat dan merasa gamang dengan kehidupanmu sendiri. Mudah bosan dan tidak memiliki kepercayaan diri yang cukup untuk mendapatkan passion-mu.
  3. Kenali apa yang kau Inginkan. Biasanya setelah kau mengenali dirimu, akan mudah sekali mengenali apa yang benar-benar kau inginkan untuk hidupmu. Misalnya mobil mewah, harta berlimpah, atau hanya sekedar hidup sederhana dengan gaya hidup yang sederhana pula.
  4. Kenali apa yang butuh kau lakukan. Ingat, apa yang kau inginkan belum tentu kau butuhkan! Mengapa ini penting? Ketika kau berhasil mengetahui apa yang kau butuhkan dalam hidupmu, akan lebih mudah untuk menentukan potensi apa yang kau miliki. Selain itu, kau juga dapat fokus menentukan apa yang benar-benar ingin kau lakukan.
  5. Terakhir, dari semua empat langkah tersebut, identifikasikan, lihat polanya, di bidang mana kau lebih condong dalam menjalani hidupmu. Pada bidang inilah passion yang sedang kau cari-cari itu.
Setelah passion-mu ketemu, pada umumnya dirimu akan terbantu banget untuk bisa fokus mengerjakan sesuatu. Selama sesuatu yang kau kerjakan itu terkait dengan passion-mu, maka selama itu pulalah, kau akan mengerjakan sesuatu dalam kondisi well-motivated.

Good luck!!

Share:

0 komentar

Apa yang kamu pikirkan tentang tulisan di atas? Beri komentar di bawah, ya, teman-teman.