Hinata Umi's Work

Penyebab Panecake uum gagal...

Karya Panecake Gagal dari uum XD
Jadi kemarin itu uum buat kue panecake. Setelah Jadi uum tahu apa yang bikin nih panecake lebih terasa seperti roti cane di banding kue panecake.

  1. uum tidak menggunakan takaran dengan benar. Dalam kaidah masak-memasak, ternyata takaran itu sangat penting!!
  2. Di dalam resep panecake yang uum lihat, kuning telur dan putih telurnya dipisah. Nah, putih telurnya itu harus di mixer sampai kaku.....banget. kesalahan uum adalah uum enggak tahu itu putih telur udah kaku apa belon *yang ternyata belon*. ini ternyata juga sangat penting teman. putih telur yang kurang kaku akan mengakibatkan tekstur dari si panecake keras dan lebih mirip telor dadar dibanding panecake.
  3. Uum tidak tahu bedanya tepung gandum dengan tepung terigu. yang di gunakan dalam membuat panecake adalah tepung terigu. nah... karena warna kedua tepung sama dan tidak ada perbedaan di kemasannya *misalnya tulisan apa gitu* #nih tepung di taruh mama di plastik ukuran seperempat# uum nyampurin aja kedua tepung itu ke dalam adonan. Ternyata kita harus teliti juga masalah ini. Tepung gandum membuat adonan agak sedikit keras setelah di masak. Makanya, harus bisa bedain deh kedua jenis tepung ini. Tepung gandum kalau di rendam air panas akan mengental, sementara tepung beras tidak.
  4. Saat memasak, pilih api paling kecil dan tunggu hingga tingkat panas wajan maksimal. Tuang sedikit dan benar-benar tunggu tuh adonan mateng di bagian bawahnya. Lalu balik adonan. Uum tidak melakukan itu kemaren, makanya tuh pancake warnanya begitu.
Itulah sedikit pengalaman uum dalam membuat Panecake gagal itu. Ntar kapan-kapan kalo uum masak lagi kue-kue seperti ini, uum akan share lagi. Semoga berguna teman-teman :)

Share:

4 komentar

  1. Hahahha... :D Gue suka banget nih sama pancake... apalagi bikinan si doi... *ups curhat*

    Btw, ngecek adonan putih telur udah kaku apa belom itu gak usah dicocol, cukup balik aja wadahnya, kalo ngga ada yang netes artinya udah kaku... :D Btw, gak harus di-mixer loh, pake kocokan manual juga bisa... emang sih bakalan agak pegel kalo cara megangnya salah... :)

    ( >__O)b Abis baca postingan ini jadi pengen bikin pancake buat sahur besok... hihihihi... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ehhh... ternyata bg glen... *kirim salam yak sama pacarnya* XD

      ooh... tp berarti kalo pas d balik dia tumpah -__-" kebuang deh tuh telur. hmmmhhh....

      pegel bg g pake mixer. kemaren umroh pake garpu. Ya tuhan. nih tangan udah kayak mau mati rasa...

      sahur makan panecake.. hmmh... mending bukanya aja deh bg.

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya mau bilang, sebagai yang nge-icip, rasanya pancake itu gak terlalu gagal..

      Hapus

Apa yang kamu pikirkan tentang tulisan di atas? Beri komentar di bawah, ya, teman-teman.