Hinata Umi's Work

Karena Manusia Itu Istimewa

Judul Tema : Keanekaragaman Hayati dan Konservasi
Nama Pengarang : key_key@rikpamail

Data Publikasi : Bunga Rampai IX. 2007.key_key@rikpamail
Al-Qur’anul Karim
1. Pengertian Manusia.
Pengertian manusia menurut islam adalah sebagai seorang khilafah atau pemimpin di bumi ini (Al-baqarah: 30) ” Dan (ingatlah) ketika tuhanmu berfirman kepada malaikat”aku hendak menjadikan khalifah di bumi”…” Kenapa manusia di sebut sebagai khalifah? Apa sih kelebihan manusia di banding makhluk lain yang di ciptakan Allah SWT sampai-sampai Allah menjadikan manusia khalifah di bumi?


2. Kelebihan Manusia
Manusia diberikan berbagai macam kelebihan oleh Allah SWT. Salah satu yang paling membedakan manusia dengan makhluk lainnya adalah adanya akal pikiran. Mengapa akal pikiran itu termasuk kelebihan yang utama?
Pertama, dengan adanya akal pikiran, manusia dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Sehingga manusia dapat memenuhi perintah Allah ”amar ma’ruf nahi munkar”(Ali Imran :110)(melakukan kebaikan dan menjauhi yang munkar).
Kedua, dengan adanya akal pikiran, manusia dapat mengembangkan sesuatu hal untuk membuat kehidupan lebih baik. Contoh di bidang IPTEK.
Ketiga, dengan akal pikiran juga dapat membuktikan kebenaran setiap apa yang ada di Al-Qur’an. Buktinya saat ini telah banyak pembuktian matematis tentang hitungan-hitungan di Al-Qur’an contoh angka 19. Dan banyak lagi hal lainnya yang membuat manusia dapat menjadi makhluk yang sempurna di antara ciptaan-ciptaan Allah lainnya. Silahkan baca buku novel Bidadari-Bidadari Surga karya Tere Liye (2010) tentang isi Al-Qur’an yang dapat dibuktikan (dijelaskan di novel ini bahwa mukjizat Rasulullah yang dapat membelah bulan adalah benar dan telah di temukan tanda-tandanya) dan novel berjudul Rahim untuk mengetahui keindahan alam rahim dan keindahan penciptaan manusia.
3. Tugas Manusia Tinggal di Bumi
Tujuan manusia tinggal dibumi ini ialah menabung. Di dunia ini manusia bertugas untuk menyembah Allah, dan menabung amal. Menyembah Allah adalah tugas utama manusia. Dari segala macam tugas yang diberikan kepada kita, menyembah Allah adalah yang terutama. Setelah itu, menabung amal. Untuk apa? Untuk tabungan di akhirat. Setiap amal perbuatan yang dilakukan dengan keikhlasan dapat memperoleh pahala. Untuk orang yang menyembah Allah dengan taat dan mengerjakan amal perbuatan yang baik, Allah memiliki janji-janji yang pasti ia tepati.
4. Janji-janji Allah kepada Manusia
a. Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, bagi mereka syurga-syurga yang penuh kenikmatan(Al-Luqman :8)
b. Sesungguhnya orang-orang kafir dan mereka mati dalam keadaan kafir, mereka itu mendapat la'nat Allah, para Malaikat dan manusia seluruhnya.”(Al-Baqarah:161)
c. Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan amalan-amalan yang saleh, maka Allah akan memberikan kepada mereka dengan sempurna pahala amalan-amalan mereka; dan Allah tidak menyukai orang-orang yang zalim.”(Ali-Imran: 57)
d. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan dan menganiaya dirinya, kemudian ia mohon ampun kepada Allah, niscaya ia mendapati Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”(An-nisaa’ : 110)
e. Dan lain-lain.
5. Kesimpulan
Manusia merupakan makhluk yang istimewa di muka bumi ini. Dengan adanya akal pikiran dan di dorong dengan keistimewaan lain seperti hawa nafsu, penglihatan, pendengaran, pergerakan, pernafasan dan berbagai keistimewaan lain yang tidak dimiliki makhluk lainnya. Namun keistimewaan itu diberikan Allah, bukanlah tanpa sebab itu semua di ciptakan untuk mempersiapkan manusia sebagai khalifah di muka bumi ini dan Allah juga telah memberikan janji-janji untuk manusia yang taat.

Share:

0 komentar

Apa yang kamu pikirkan tentang tulisan di atas? Beri komentar di bawah, ya, teman-teman.