Hinata Umi's Work

[Random Thoughts of Mine] Hati dan Fungsinya

Siapa yang enggak kenal sama hati?

Sebuah organ di dalam tubuh yang memiliki berbagai fungsi. Hati juga diidentikkan dengan perasaan. Ternyata hati bukan hanya untuk fungsi ragawi tetapi juga berfungsi untuk rohani. Keren banget, kan? Ngomong-ngomong untuk apa saja, sih, hati diciptakan oleh pencipta? 

Ayo kita daftar tugas-tugas hati, check this out


A. Hati berfungsi sebagai penawar racun. 


Siapa yang enggak tahu ini? ya, hati itu emang menawar segala jenis racun yang ada di tubuh manusia melalui cairan empedunya. Oh iya, selain menawar racun yang berbentuk, hati juga menawar racun lain. Racun yang paling berbahaya di dunia, namanya racun dendam. 

Racun dendam ini sangat berbahaya, karenanya sudah beribu-ribu manusia terbunuh. Contohnya: ingat cerita Qabil yang dendam pada Habil karena Habil berhasil mempersunting Iqlima? Tahu enggak apa penawar yang di keluarkan hati untuk menjadi penawar racun dendam? hati mengeluarkan penawar maaf. Itulah nama dari penawar itu. Terkesan sangat sederhana, tapi penawar ini sangat efektif untuk menghancurkan racun dendam sampai ke akar-akarnya. 



B. Hati menghasilkan senyawa kimia yang bernama garam empedu

Garam Empedu berfungsi untuk meningkatkan tingkat kelarutan dari lemak dkk saat tubuh mencerna makanan di usus halus. Yanng lebi keren lagi, garam empedu mengalami 10-12 kali sirkulasi (hati- usus halus-hati), walaupun sebagiannya terbuang ke kolon. Gara-gara garam empedu, lemak di tubuh kita tidak menumpuk, dan kita terhindar dari penyakit kolesterol, yang lebih unik lagi, hati ternyata juga menghasilkan senyawa baik sangka dan tenang untuk melarutkan perasaan jahat yang ada di dalam hati kita. Perasaan-perasaan seperti marah, kesal, buruk sangka, merendahkan orang lain dll, dilarutkan hati dengan mengirimkan perintah tenang dan baik sangka ke otak sehingga kita bisa berpikir jernih dan bisa melihat masalah dari sudut pandang lainnya. 



C. Hati bertugas menyimpan berbagai bentuk beberapa mineral tubuh

Mineral tubuh itu seperti  vit B12, glukosa, dan zat besi untuk di pergunakan kembali oleh tubuh. Percaya atau tidak sebenarnya hati juga menyimpan kenangan masa lalu kita yang memiliki ikatan erat dengan kita. orang yang lupa ingatan, walaupun dia lupa pada semuanya(otaknya tidak menyimpan ingatan apapun), tapi hatinya menyimpan kenangan tentang perasaan kuat yang dia alami dengan orang-orang terdekatnya. Jadi kalau kamu lupa ingatan (jangan pernah ngarepin ini terjadi ya ^^), cobalah untuk berpikir menggunakan perasaan kamu yang tenang. Kamu bakalan tahu orang yaang di hadapan kamu merupakan orang yang kamu kenal atau tidak. ^_- 



Apa lagi ya fungsi hati? Ada yang mau nambahin? Berikan pendapat kalian di bawah, ya, teman-teman..

Share:

2 komentar

  1. fungsi hati, menyeimbangkan organ2 yang lain. melengkapi, membuang hal2 yang tidak perlu yang akan meracuni tubuh. dan tempatnya setitik darah yang menentukan baik tidaknya seseorang.

    BalasHapus

Apa yang kamu pikirkan tentang tulisan di atas? Beri komentar di bawah, ya, teman-teman.