Hinata Umi's Work

[Random Thoughts of Mine] Kesalahan, Si Guru yang Paling Dibenci

Rasanya kalau kita ingat betapa menyebalkannya kesalahan yang kita lakukan tadi pagi, akan terasa sangat lucu. betapa kita bisa marah hanya karena di bangunkan oleh ibunda tercinta. Atau coba ingat lagi dahulu saat kita masih anak-anak yang lucu dan imut-imut, bagaimana dengan tanpa rasa bersalah kita memecahkan gelas milik ayah yang sangat mahal harganya. atau saat mengerjakan pe-er matematika dan salah mengerjakannya.

Kalau dipikir-pikir, ternyata kesalahan itu enggak seburuk yang kita pikirkan,ya? banyak hal yang dapat kita pelajari saat kita melakukan kesalahan. Karena kesalahan, kita mempelajari suatu hal yang baru, yang berarti ad proses dari tidak tahu menjadi tahu. Bayangkan kita tahu bahwa matematika itu sulit karena kita melakukan kesalahan dalam perhitungannya. 

Kita juga belajar membedakan yang baik dan yang buruk. Kesalahan juga mengajarkan kita untuk menghormati keadaan yang selalu berubah-ubah. Oh iya, siapa yang membuat kita tahu bahwa kita harus bertanggung jawab atas setiap perbuatan yang kita lakukan? Kesalahan. 

Ada yang tau enggak kenapa kita jadi orang yang enggak mudah menyerah? karena kesalahan juga. emang kalau kita berhasil terus kita bakal tahu apa rasanya berjuang? coba aja deh kalo kita ngerjain pe-er matematika terus ada salah hitung, kita bakal hitung ulang kan, supaya bener hitungannya?? Karena setiap melakukan kesalahan kita akan semakin penasaran untuk terus-menerus mencoba. 

Kesalahan yang udah kita lakukan ga bisa kita perbaiki. Namun, otak kita udah merekam bahwa hal itu enggak boleh kita lakuin lagi.

Share:

0 komentar

Apa yang kamu pikirkan tentang tulisan di atas? Beri komentar di bawah, ya, teman-teman.