Hinata Umi's Work

[ARTIKEL] Plot Armor: Tokoh Gak Mati-Mati



Apa itu Plot Armor
Pernah nonton cerita tentang pemuda desa yang jatuh ke jurang sedalam 10 meter tapi kemudian dia masih hidup dirawat oleh penduduk desa?

Pernah baca cerita yang MC-nya udah ditabrak mobil, ditembak, digetok, diracuni, sakit keras dan sebagainya, tapi masih tetap hidup sampai akhir cerita?

Semua itu, dinamakan dengan Plot Armor. Plot Armor biasanya dijuluki orang-orang sebagai Character Shield atau Script Immunity. Kayak namanya, plot armor adalah cara-cara yang dilakukan atau 'dihalalkan' penulis agar karakternya tidak hilang/mati.

Padahal, kalau memakai logika yang sama, atau kejadian yang sama, karakter lain di dalam cerita udah pada koit. 


Mirip sama Superman, ya, Umi? Dia juga enggak mati-mati.

Nah, hati-hati. Gak semua cerita dengan tokoh yang gak mati-mati itu bisa digolongkan plot armor. Sesuatu bisa digolongkan plot armor kalau dia 'selamat' menyalahi logika cerita.

Logika cerita itu apa?

Logika cerita adalah hubungan sebab-akibat atau aturan yang berlaku di dunia tempat tokoh utama kita hidup. Misal kalau di dunia kita, ada orang kena pisau tepat di jantungnya, pasti mati atau headshot juga pasti mati. Misalnya lagi, tangan kena iris pasti berdarah. Sejenis ini.

Misal, Superman dicucuk, ditabrak, dan dicintai uhuk gak mati-mati, ini bukan plot armor. Karena di dalam cerita, Superman bukan makhluk dari bumi ini.

Atau, tahu Olaf? berapa kali dia meleleh? ini juga bukan plot armor, karena pada dasarnya, Olaf adalah manusia salju dan salju memang bisa meleleh sama seperti dia bisa balik lagi jadi salju. Apalagi di dunia Frozen Elsa memang bisa mengendalikan es dan salju.

Atau, ada mercenary/tentara, yang udah lari jauh, kena tusuk, tapi masih bisa gerak meski dengan sedikit lambat. Ini tidak terhitung plot armor, karena tentara stamina dan tubuhnya bener-bener dilatih untuk kondisi seperti itu. Beda cerita kalau kejadian yang sama terjadi ke orang biasa yang gak ada latihan apapun.


Tapi, emang seberapa banyak, sih, plot armor itu?

Ada banyak, banget, tapi yang bakal Umi jelasin yang paling umum aja, ya.

1. Hero/Villain immunity: Ini ketika tokoh gak bisa mati di dalam cerita, karena dia masih ada tugas yang belum selesai. Padahal, contoh nyata yang udah jatuh dari jurang sedalam 10 meter, tapi masih hidup tanpa penjelasan bahwa dia memang punya anatomi yang berbeda atau sejenisnya.

2. Distress Ball: pernah baca cerita di mana karakter kita di kondisi yang bahaya banget, dan kita sebenarnya yakin dia bisa selamat dengan kemampuan sendiri, tapi yang terjadi selanjutnya dia malah 'ditolongin' orang lain? Inilah yang dimaksud Distress Ball. Ketika tokoh utama kita punya segala hal untuk bisa 'selamat' dari kondisi stress itu, tapi dia malah mesti diselamatkan karena, tepat di saat itu dia ga ngerti apa yang harus dilakukan. ~Psstt, ini sering, loh, ada di novel romansa~

3. Iron Butt Monkey: Tunggu, jangan salah paham! wkwkwk ini tidak seperti yang kalian kira! Umi tidak berkata kasar, kok. Iron Butt Mokey adalah nama lain untuk cerita yang tokoh utamanya kena sial mulu, dan sialnya ini udah sangat-sangat keterlaluan, tapi dia tetap idup. Malah dia ada dan hidup untuk diketawain pembaca. Pernah lihat yang kayak gini?

4. Save By Canon: ini momen di mana karakter gak bisa/gak boleh mati karena dia ada di buku selanjutnya ._. Contoh? Han di Fast and Furious 9 ._. Umi yakin banget dia udah mati di Fast and Furious Tokyo Drift, tapi dia muncul di Fast Furious 9 ._. Tapi, untuk bisa menentukan ini masuk plot armor atau enggak, kita butuh nonton filmnya, dan filmnya belum rilis xD jad Umi masih menganggap ini Plot Armor.

Sebenarnya ada banyak lagi, sih, contoh dari Plot Armor ini. Tapi, empat di atas adalah yang paling sering digunakan sama penulis.

Terus, cara menghindarinya gimana?

Pastikan tulisan kita tidak memiliki hubungan sebab akibat yang putus. Dalam sebuah cerita, penting untuk memastikan logika dan hubungan sebab-akibat cerita tidak putus dan menyebabkan plot hole. 

Misalnya, karena dia tentara dia memiliki tubuh yang fit dan selalu prima. Atau, karena dia adalah seorang idol maka dia sangat takut terluka, thus, dia harus diselamatkan oleh orang lain terus. Atau, dia pembalap dan petinju, makanya ketika jatuh ke jurang, dia masih bisa selamat. 

Oke?

Disclaimer: Apa yang Umi sampaikan di sini adalah bagian dasar dari Plot Armor. Umi berharap kalian tidak berhenti sampai di materi Umi saja. Please, cari materi lain, baca lagi. Kenapa? Karena ilmu itu akan terus berkembang. Apa yang hari ini salah, bisa jadi besok benar. Atau apa yang hari ini kita ketahui, besok bisa jadi ada perbaikannya. 

Thus, saat itu tiba, Umi berharap ngelihat temen-temen, bisa sharing-sharing ilmu juga ke teman-temen lainnya, ~juga ke Umi~. Aaamiiin

Share:

0 komentar

Apa yang kamu pikirkan tentang tulisan di atas? Beri komentar di bawah, ya, teman-teman.