Hinata Umi's Work

Hargai Proses, Lalu Hasil


Aku tahu, aku memang bukan penggambar yang bagus, jelek mungkin bagi orang lain. Tapi aku bangga sama hasil gambar-ku. Karena jika dibandingkan dengan beberapa gambar sebelumnya, atau gambar setahun yang lalu, ini sudah jauh lebih baik. Aku tahu aku belajar.

Aku tahu, aku memang bukan penulis yang keren, yang membaca belum tentu nyaman dengan tulisanku. Tapi aku bangga dengan tulisanku sendiri. Sebab, dibandingkan dengan tulisanku yang sebelumnya atau setahun yang lalu, atau saat aku SMP, tulisan yang sekarang masih jauh lebih baik. Aku tahu aku memang belajar sesuatu.

Aku tahu, aku memang bukan programmer yang handal, kodingan-ku mungkin masih berantakan bagi orang lain. Tapi aku bangga dengan kode-kode yang berantakan itu. Jika kulirikkan lagi mataku pada masa di mana aku bahkan tidak tahu dan ingin menangis saat mulai ngoding, Aku sadar aku PUNYA progress yang besar.

Terkadang kita terlalu terfokus pada hasil hingga kita lupa untuk melihat proses. Kita terlalu fokus pada keberhasilan orang lain, hingga lupa untuk menghargai keberhasilan kita sendiri. Kita terlalu fokus pada ingin cepat, ingin instan, tanpa sadar bahwa untuk menemukan yang instan, kita butuh untuk belajar.

Ya terkadang kita lupa untuk menghargai prosesnya, bukan hasilnya.

Share:

0 komentar

Apa yang kamu pikirkan tentang tulisan di atas? Beri komentar di bawah, ya, teman-teman.