Hinata Umi's Work

Hukum Gravitasi : There’s No Such Things Called Unfair

Pada tahu hukum gravitasi? Hukum yang diperkenalkan pada kita dari jaman waktu SD(waktu saya masih sekolah sih begitu), ternyata banyak fungsinya loh kalau kita kaitkan dengan kehidupan kita sendiri.  Ingat kan betapa guru-guru kita dengan semangat menceritakan kisah si Ilmuwan terkenal tersebut menemukan Hukum ini bersama pohon apelnya. Lebih tepatnya sih dia menemukan Hukum tarik-menarik antara dua benda. Benda dengan gaya tarik lebih besar akan menarik benda dengan gaya tarik lebih kecil. Tapi disini, bukan tentang ini yang mau uum jelasin.
Coba kamu bayangin ada dua orang yang ingin bunuh diri dari lantai 10 sebuah gedung. Apa yang mereka pikirin pas mau bunuh diri menurut kamu? I bet you will think about something like “mungkin karena keadaan keuangan.” Or “ dunia ini tidak adil.” Or “ mereka selalu mendapatkan apa yang mereka mau, kenapa aku tidak??”, or something like that. Yah bener banget.. mereka merasa dunia tidak adil buat mereka. Lalu, apakah dunia ini memang tidak adil? NOPE!!
Dunia ini sangat adil!! Pernah dengar pribahasa ini “ Kamu memanen benih yang kamu tabur”? atau pernah baca Al-Qur’an, Injil, atau kitab-kitab lainnya tentang keadilan tuhan?Atau agar kamu lebih yakin lagi pernah dengar tentang hukum-hukum fisika yang menjelaskan tentang keseimbangan? Semuanya itu enggak muluk teman, keadilan itu beneran ada.
Mari coba kita bayangkan kembali ilustrasi tadi. Orang pertama adalah orang baik, rajin menabung, dan tidak sombong. Sedangkan orang kedua adalah seorang pemabuk, senang foya-foya, dan arogan. Saat mereka menjatuhkan tubuh mereka dari lantai 10 tersebut, mereka mengarah kemana? Ga peduli dia orang baik atau orang jahat, ga peduli dia manusia atau hewan, menurut hukum gravitasi, mereka akan jatuh ke arah bumi. Kenapa mereka jatuh? Karena gaya tarik bumi dan gaya tarik tubuh mereka saling menarik.
Dari ilustrasi tadi, dapatkah kita melihat betapa tuhan sudah membuktikan keadilan-Nya? You deserve for what’ve you done! Belum yaa? Yang jawab belum mungkin pernah mengalami salah satu dari hal ini :

  • Udah belajar keras tapi nilai tetep enggak bagus.
  • Udah kerja keras tapi gaji enggak naik-naik.
  • Udah berusaha keras tapi hasilnya enggak setimpal.
Nah kalau kayak gini, patut ditanyakan kembali seberapa besar motivasimu menguasai dirimu. Seperti yang tadi uum ceritakan, gaya tarik menarik itu yang menang yang gayanya paling besar. Kenapa kedua orang tadi jatuh ke arah bawah? Ke arah bumi? Karena keduanya memiliki gaya tarik yang lebih kecil daripada gaya tarik bumi. Selain itu bumi juga enggak menarik hanya kedua manusia itu saja kan? Nah motivasi di dalam tubuhmu memainkan andil besar dalam gaya tarik yang kau hasilkan. Sebesar apa motivasimu untuk menarik kesuksesan itu sendiri? Segede itu pula kesuksesan yang akan kamu dapat.
Asumsikan kamu adalah magnet dan motivasimu itu adalah gaya yang menarik besi-besi di sekitarnya. Seberapa banyak besi yang kamu tarik ya sebesar gaya magnet yang kamu tebarkan. Yah begitulah.. Dunia adil kan? Yup. Kita akan mendapatkan sesuai dengan apa yang udah kita lakukan. Selesai! Adil kan? Makanya There’s no such thing called unfair!!

Share:

0 komentar

Apa yang kamu pikirkan tentang tulisan di atas? Beri komentar di bawah, ya, teman-teman.