Hinata Umi's Work

[TIPS] Cara Jitu Menghemat Sabun Cuci Piring


Cuci piring


Jadi, ceritanya selama di Belitung, kami (yap! Umi dan teman-teman kantor) menginap di sebuah Hotel bernama Hotel Santika. Di hotel ini semuanya sudah disediakan, khas hotel-hotel bintang lima lainnya. Karena bosan kami, Umi dan tim, akhirnya ngobrol ngalor-ngidul. Dasar emak-emak, salah satu obrolan kami menyerimpet ke teknik mencuci piring.

Nah, yang membuat Umi terinspirasi menulis ini adalah saat mereka bilang bahwa sabun cuci piring ukuran 800mL untuk mereka hanya tahan satu bulan saja. Dahi Umi mengernyit. Rasanya aneh. Mereka belum berkeluarga. Sabun cuci piring 800mL itu hanya dipakai oleh mereka sendiri saja. Untuk ukuran anak kosan mereka boros sekali, pikir Umi kala itu.

Maka dari itu, Umi terinspirasi untuk berbagi pada Pluks sekalian bagaimana cara Umi menghemat sabun cuci piring ukuran 800mL untuk 5 bulan.

Pertama, buka bungkus dari sabun cuci piring itu. Bagi ke dalam enam belas bagian sama rata.


Kedua, masukkan setiap bagian ke dalam plastik-plastik kecil. Pastikan setiap plastik dalam keadaan kering. Ikat kuat! Jangan sampai bocor. Simpan di tempat yang kering dan sejuk.


Kalau kalian sudah menyelesaikan tahap kedua, maka kalian akan memiliki enam belas plastik sabun cuci piring yang masing-masingnya berukuran 50mL. Selamat!

Ketiga, ambil satu plastik, tuang sabun cuci piring ke dalam sebuah botol berukuran 500mL.  Isi air hingga penuh. Disini kalian akan mendapatkan perbandingan 1:10, 1 bagian sabun cuci piring dengan 10 bagian air. Larutan ini adalah larutan yang akan kalian pakai untuk mencuci piring sehari-hari.

Keempat, gunakan selalu busa saat encuci. Terlihat sederhana tapi ini sangat menghemat jumlah sabun yang kamu gunakan. Jangan lupa, bersihkan busa dari sabun dan keringkan selalu setelah selesai mencuci! Jangan biarkan  busa kamu jadi sarang kuman. Memang terlihat merugikan dan buang-buang sabun, tapi ini lebih murah daripada harus mengobati sakitmu nanti.

Kelima, gunakan sabun secukupnya saja. Bahkan dengan cara ini pun, kalau kamu tipe orang yang suka menghambur-hamburkan sabun, tetap saja tidak akan berhasil.

Nah, itu tips dari Umi. Bagaimana dengan kalian?

Share:

0 komentar

Apa yang kamu pikirkan tentang tulisan di atas? Beri komentar di bawah, ya, teman-teman.