Hinata Umi's Work

[Random Thoughts of Mine] Social Priviledge


Hari ini aku belajar sesuatu yang baru. Istilah baru lebih tepatnya. Istilah social privilege.

Istilah ini kudapatkan saat scrolling linimasa Facebook. Frasa itu terlihat biasa saja. Namun kalau kau mengartikannya lebih jauh, istilah itu punya makna yang sangat dalam.

Social berasal dari bahasa Inggris yang berarti sosial. Privilege juga berasal dari Bahasa Inggris yang berarti kelebihan atau kemampuan atau bisa juga kewenangan. 

Ketika dua kata itu digabung artinya berubah menjadi kelebihan sosial. Terdengar aneh? Aku sih merasa itu aneh. 

Baik mari kita jelaskan, kelebihan social atau social privilege ini berarti kemampuan atau kelebihan yang dimiliki oleh individu atau kelompok yang didapatkan tanpa mengeluarkan suatu usaha tertentu untuk mendapatkannya. Contohnya apa? Sederhana, seperti strta sosial yang dimiliki anak, agama, warna kulit, label sikap, dan lain-lain.

Misalnya, anak narapidana di Indonesia biasanya mendapatkan perlakuan kurang baik di masyarakat dibanding dengan anak dari keluarga yang orang tuanya tidak pernah melakukan tindak kriminal. Dalam hal ini anak dari orang tua yang tidak melakukan tindak kriminal punya social privilege karena tentu saja ia lebih dihargai di masyarakat. 

Hmm... ilmu baru hari ini. 

Share:

0 komentar

Apa yang kamu pikirkan tentang tulisan di atas? Beri komentar di bawah, ya, teman-teman.