Hinata Umi's Work

PROYEK PEMBACA "Book Traveling"

Ini adalah salah satu proyek sosial yang pernah uum singgung di post 2012 --> 2013 apa yang udah dan akan dikerjakan


Umroh punya proyek buat para pembaca buku. Sedikit memerlukan pengorbanan sih untuk menjalankannya. Tapi InsyaAllah, Worth To Try kok :D

Ide ini dulu muncul di kepala Umroh karena melihat sulitnya orang-orang dalam mendapatkan buku bermanfaat. Kebanyakan orang baca buku karena buku tersebut populer atau bukunya murah.Tapi buku yang bener-bener bagus jarang ada yang mau beli karena harganya mahal atau bukunya tenggelam sama buku-buku dengan aliran populer.


Jujur saja, waktu ide ini muncul pertama kali di kepala, umroh sedikit meragukannya. Serius. Ide ini terdengar sangat bodoh. Tapi toh Umroh mencobanya. Yang namanya ide, kalo ga dijalani, ga tahu kan bakalan bagus apa enggak :3 Jadilah buku pertama yang jadi 'korban' sekaligus testing adalah buku "Ayat-ayat Cinta". Ini umroh lakuin awal tahun 2011.

Buku terakhir yang ikutan bookTraveling judulnya "Rahim" karyanya Fahd Djibran, tahun 2011 akhir. Setelah buku ini, umroh mulai males melakukan ide umroh ini. Alasannya cuma satu, takutnya bukunya enggak bermanfaat buat yang baca. Hingga akhirnya, ide itu tidak umroh lanjutkan.

Beberapa hari yang lalu, entah bagaimana ceritanya buku berjudul "Rahim" sampai ditangan seorang sahabat Umroh di Yogyakarta >o<. Beliau langsung menghubungi umroh.*terharu


Padahal bukunya umroh serahkan ke seseorang anak kecil di atas kereta jurusan Tanah Abang yang waktu itu terlihat tertarik banget ngeliat bukunya. Umroh merasa terkaget-kaget karena umroh diingatkan untuk melanjutkan ide ini.

Karena hal itu pula, dalam rangka melanjutkan ide yang (sedikit konyol) tapi keren ini, umroh ngajak teman-teman untuk ikutan melakukan hal yang sama. Bagi yang mau coba, berikut caranya :


1. Pilih buku yang paling bermanfaat MILIK kalian.

2. Buka halaman pertama buku itu, tulis :

" Saya [nama kamu] adalah pemilik buku ini. Banyak hal baik yang saya dapatkan dari buku ini. Nah, saya ingin orang lain juga mendapatkannya. Saya pinjamkan buku ini padamu. Setelah selesai baca bukunya, kamu dapat mengembalikannya dengan meminjamkan buku ini ke orang lain yang tidak kamu kenal. Jangan lupa tulis nama kamu dan kota tempat tinggalmu di halaman ini. Terima kasih."

3. Lalu ketika kamu jalan-jalan, berikan buku ini kepada orang yang tidak kamu kenal atau menurutmu paling berhak membaca buku itu.

4. Let miracle works!!  sambil berharap bukunya enggak stuck di satu orang :D


InsyaAllah buku selanjutnya yang akan di "Book Traveling" - kan adalah bukunya +DaniSiregar yang judulnya "Job Desc Pertama Remaja" (cmiiw) semoga segera mampu megumpulkan biaya untuk memesan bukunya ke beliau ;)
Ayooo cobain >.<

Share:

0 komentar

Apa yang kamu pikirkan tentang tulisan di atas? Beri komentar di bawah, ya, teman-teman.